Robot Satu Kaki Mampu Berdansa

TOKYO – Dua vendor asal Jepang, Sega dan Hasbro, berhasil membuat robot yang mampu berdansa. Robot yang dilengkapi dengan dua roda ini mampu berdansa dan mengeluarkan suara stereo.

Sega dan Hasbro memberi robot nama robot ini sebagai Ampbot atau Automated Music Personality Robot. Selain mampu bergerak melalui kendali jarak jauh, robot ini juga dapat disambungkan dengan pemutar musik MP3 seperti iPod dan perangkat sejenis.

Tidak hanya kaki yang mampu digerakkan Ampbot tapi juga kepala dan seluruh tubuhnya yang berukuran tinggi 73 sentimeter. Bahkan sebuah lampu LED akan menyala merah saat robot ini bergerak. Tangan sang robot juga dapat berfungsi sebagai pengendali volume.

“Ampbot ini ditujukan bagi laki-laki yang menyukai keberadaan robot dan anak kecil yang sangat memimpikan hidup bersama robot,” ujar pejabat Sega Toys, Osamu Takeuchi seperti dikutip melalui AFP, Jumat (20/6/2008).

Sayangnya, robot berdansa ini bukanlah yang pertama di dunia. Sebelumnya Sony pernah membuat robot serupa bernama Rolly dan vendor ZMP yang meluncurkan Miuro. Kedua robot dari masing-masing vendor tersebut memiliki ukuran yang sama kecil dan berbentuk oval sehingga dapat diguling-gulingkan di lantai. Bahkan keduanya dapat digerakkan melalui perintah suara.

“Hebatnya, Ampbot mampu berinteraksi dengan pemiliknya. Sang pemilik bahkan dapat melakukan kejar-kejaran dengan sang robot di dalam rumah,” tambah Takeuchi.

Sega dan Hasbro akan mulai menjual Ampbot di Jepang dan Amerika pada bulan November dengan harga USD745. Kedua wilayah tersebut disinyalir merupakan pasar robot yang potensial dan sedang berkembang. (srn)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: