Persaingan Robot Jepang VS Korea Selatan

Robot Jepang Bersatu Lawan Korsel

TOKYO – Empat perusahaan Jepang sepakat untuk mengembangkan pasar robot yang potensial di negeri Sakura tersebut. Langkah ini dipercaya akan meningkatkan persaingan dengan Korea Selatan.

Perusahaan-perusahaan itu adalah Tmsuk, ZMP, Vstone, dan Business Design Laboratory. Mereka akan membuat sebuah perkumpulan untuk bisa saling bertukar informasi teknologi. Bahkan jika memungkinkan maka mereka bisa memasarkan produk robot mereka ke luar negeri secara bersama-sama.

Jepang selama ini dikenal sebagai negara pembuat robot ternama di dunia. Kualitas dan kuantitas produksi robot mereka selalu meningkat dari waktu ke waktu. Mulai dari sebuah robot piaraan, robot pembantu rumah tangga, robot baby sitter dan robot yang bisa memainkan alat musik, semua telah diproduksi oleh perusahaan Jepang.

Namun seiring dengan perkembangan teknologi robot yang meningkat di Jepang, para perusahaan juga harus menciptakan konsumen yang potensial dalam skala besar untuk memasarkan robot-robot ini. Bahkan anggaran produksi robot juga disinyalir menjadi salah satu halangan karena harga per unit robot yang dibandrol cukup mahal.

Persatuan perusahaan itu berharap, pada lima tahun ke depan mereka dapat menjual unit robot 10 kali lipat lebih banyak daripada saat ini, atau sekira 200.000 unit hingga 300.000 unit.

“Kami yakin dalam beberapa tahun ke depan, robot akan mulai memasuki semua lini kehidupan manusia. Terbukti selama ini mereka merupakan partner yang cukup baik dalam melayani, mengedukasi dan menghibur. Namun dalam rangka melakukan ekspansi, hal yang harus dilakukan adalah dengan menggabungkan market operasional bersama-sama,” ujar seluruh perusahaan yang tergabung dalam Federation for Market Creation of Next Generation Robots, seperti dikutip melalui Agence Frence Presse, Kamis (19/6/2008). (srn)

—————————————————————————————————————————–

Pomi Si Robot Pinguin, Mampu Berinteraksi

SEOUL – Peneliti asal Korea Selatan meluncurkan model robot peliharaan terbaru. Sebuah Pinguin bernama Pomi yang diklaim dapat berinteraksi dengan manusia.

Pomi merupakan kepanjangan dari Penguin Robot for Multimodal Interaction. Ia diklaim oleh sang penemu memiliki kemampuan melihat, mendengar, menyentuh dan menyium bau. Kemampuan ini dapat dibuktikan dengan perubahan pada wajah sang robot.

Robot ini merupakan hasil kembangan dari para peneliti di Electronics and Telecommunications Researcher Institute (ETRI). Mereka pun akan mulai menyempurnakan Pomi sehingga dapat segera dikomersilkan pada kahir bulan depan.

Robot tersebut dapat menggerakkan bibir, alis mata, bahkan menggerakkan matanya secara bebas sebagai bentuk dari ekspresi emosi yang ada di dalam dirinya. Bahkan sebuah kotak dalam dadanya akan menampilkan detak jantung yang berbeda sesuai dengan suasana hatinya.

Pomi diprogram untuk dapat menjawab tuannya melalui teknologi pengenalan suara dan beberapa sensor berbeda memungkinkannya untuk mengenali dan mencari lokasi orang lain.

“Teknologi ekspresi emosi dan fungsi interaktif telah digunakan di Pomi. Teknologi ini juga akan di-upgrade untuk kepentingan industri robot rumahan, manufaktur dan kebutuhan robot pintar lainnya,” ujar juru bicara ETRI seperti dilansir melalui AFP, Sabtu (14/6/2008). (srn)

2 responses

2 07 2012
Fikri Shenhua

jepang dan korea selatan, sama2 hebat. tapi jepang lebih canggih dan mapan

19 10 2014
Chan (*´・з・`*)チュッ♪ (@sherly_chan48)

saya harap jepang bisa membuat robot yg lebih canggih

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: