Pengunjung PRJ Ditargetkan Tiga Juta Orang

Jakarta – Pengelola Pekan Raya Jakarta menargetkan jumlah pengunjung ke acara tahunan itu menembus angka tiga juta orang atau meningkat 15 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Ketua panitia penyelenggara PRJ Siti Hartati Murdaya saat pembukaan Pekan Raya Jakarta di kompleks bekas Bandara Kemayoran Jakarta Pusat Kamis malam mengatakan pihaknya optimistis target tersebut dapat tercapai.

“Kami menargetkan jumlah pengunjung mencapai tiga juta orang atau meningkat 15 persen dibandingkan 2007 yang mencapai 2,5 juta orang,” katanya.

Dijelaskannya keyakinan tercapainya target kunjungan itu antara lain karena harga tiket masuk PRJ 2008 tidak mengalami kenaikan meski situasi ekonomi saat ini cukup sulit.

“Harga tiket masuk tetap Rp15.000 pada hari biasa dan Rp20.000 pada hari libur serta akhir pekan. Bebas masuk diberikan pada lansia, anak-anak dibawah lima tahun serta anggota TNI dan Polri,” kata Hartati.

Dengan target tiga juta pengunjung itu, Hartati mengatakan kenaikan angka transaksi juga dicanangkan oleh pihak penyelenggara.

“Bila pada 2007 transaksi tercatat Rp1,7 triliun maka untuk PRJ 2008 kami targetkan mencapai Rp2 triliun,” tegasnya.

PRJ 2008 mengambil tema “Melalui Jakarta Fair, Marilah Kita Saling Mengisi, Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia” dan akan menampilkan sekitar 2.600 pedagang.

Untuk memudahkan pengunjung, panitia membuat “zoning” produk yakni Hall A akan diisi produk seperti furnitur, karper, material interior bangunan dan aksesoris furnitur.

Hall B dan C akan diisi stand pemerintah provinsi dan pemerintah daerah se-Indonesia, BUMN dan media massa.

Sementara Hall D akan diisi aneka produk mulai dari perbankan, elektronika, telekomunikasi, alat kesehatan, alat olahraga dan kosmetika.

Hall E akan diisi stand fashion, kerajinan tangan, perlengkapan bayi dan anak, perlengkapan sekolah, buku serta ruang terbuka pameran akan diisi oleh perusahaan seperti otomotif, rokok, makanan dan minuman.

PRJ akan dibuka mulai pukul 15.30 WIB hingga 22.00 WIB pada hari Senin-Kamis, pada hari Jumat jam bukanya diperpanjang hingga pukul 23.00 WIB sedangkan pada hari Sabtu-Minggu PRJ akan dibuka pada pukul 10.00-23.00 WIB.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beserta Ibu Negara Ani Yudhoyono secara resmi membuka pekan raya tahunan menyambut ulang tahun kota Jakarta ke-481 tahun tersebut.

Dalam sambutannya, Presiden antara lain meminta agar para pengusaha dan masyarakat Indonesia mengembangkan produk-produk unggulan dalam negeri sebagai komoditas ekspor non migas.

Kepala Negara juga menekankan pentingnya ekonomi kreatif dalam meningkatkan pendapatan nasional serta meminta masyarakat untuk selalu menjaga kondisi keamanan ibukota agar Jakarta nyaman untuk dihuni.(*)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: