Kedelai pada Kesuburan Pria

Mengonsumsi makanan atau minuman yang terbuat dari kacang kedelai ternyata bisa memengaruhi kesuburan pria. Hal itu terungkap dari studi tim dari Harvard School of Public Health, AS.

Studi itu menyelidiki asupan kedelai pada 99 pria yang mengalami masalah kesuburan. Mereka yang mengonsumsi kedelai paling banyak ternyata memiliki 41 juta sperma per mililiter lebih sedikit ketimbang pria yang tidak mengonsumsi kedelai. Jumlah normal sperma pria rata-rata berada pada kisaran antara 80 juta dan 120 juta sperma per mililiter.

Kedelai mengandung isoflavon, senyawa organik yang bekerja seperti hormon perempuan dan berpotensi menghambat produksi sperma. “Jika dilihat dari bentuknya, isoflavon serupa dengan estrogen dan dapat bekerja selayaknya estrogen di dalam tubuh,” ungkap Chavarro pemimpin penelitian Jorge Chavarro.

Ada hubungan terbalik antara asupan kedelai dan kadar sperma. Hubungan itu tetap signifikan meski telah mempertimbangkan usia, indeks massa tubuh, asupan kafein, dan alkohol, serta rokok.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: