Cara Gampang Membuat Video Tutorial

Mungkin anda sering kesulitan dalam mengajarkan sesuatu kepada orang lain, apalagi kita tidak punya banyak waktu luang. Misalkan anda ingin mengajarkan sesorang tentang bagaimana menginstall Joomla pada komputernya. Mengajarkan dalam jarak jauh, lewat telepon atau messanger bukan hal yang gampang. Akan jauh lebih mudah jika orang tersebut dapat melihat dan mencontoh apa yang kita lakukan dengan Script Joomla tersebut.

Untuk mengatasi masalah tersebut, sebenarnya cukup mudah. Anda bisa membuatkan sebuah Vidoe Tutorial untuk orang tersebut. Pertanyaannya sekarang adalah, apakah membuat video tutorial seperti itu dapat dilakukan dengan mudah? Ya! Dengan software Camtasia Studio, anda bisa dengan mudah membuatkan sebuah video tutorial tanpa kesulitan berarti. Tinggal tentukan area perekaman pada layar monitor anda, lalu rekam semua aktifitas anda pada monitor komputer seperti ketika anda menginstall Joomla tersebut sambil berkata-kata menerangkan apa yang anda lakukan. Kemudian, simpan file video tersebut dalam CD, dan berikan pada orang tersebut.

Aha!!! …. Kalau begitu saya juga bisa dong, membuat video tutorial tentang membuat sesuatu pada komputer lalu mengcopynya ke CD dan jual kepada yang membutuhkannya. Ya…. good idea.

File instalasi Camtasia bisa anda download secara gratis di situs resminya www.techsmith.com, dengan masa percobaan 30 hari. Jika anda tertarik, tinggal beli aja di sana seharga sekitar US$300. Cukup mahal juga. Tapi, Jangan khawatir jika anda memiliki budget yang terbatas anda bisa membeli software yang hampir sama kemampuannya yakni "Instant Video Suite" dengan harga yang tentunya sangat jauh lebih murah (sekitar 95% lebih murah), silahkan cek di:

http://paketbisnis.pvidia.com

Aplikasi ini dengan cara yang sama dapat merekam seluruh aktivitas pada layar monitor anda sekaligus suaranya, lalu menyimpannya dalam format avi. Bahkan aplikasi ini juga bisa merekam melalui webcam pada notebook anda. Aplikasi ini juga dapat di integrasikan pada Microsoft Power Point atau aplikasi lain berbasis Windows

Format yang didukungnya juga cukup banyak, termasuk format yang populer seperti flas (swf dan flv), format media player serta M4V untuk Ipod Video ataupun format video standar, serta CD atau DVD.

Untuk dapat menggunakan aplikasi ini, anda harus menggunakan sistem operasi windows 2000 atau XP dengan instalasi DirectX 9.0. Agar proses perekaman dapat berlangsung dengan tanpa hambatan, sebaiknya anda menggunakan PC minimal Pentium 3 atau yang sekelas dan memory 512Mb

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: