Harapan Baru Pasien Sumsum Tulang

27 07 2008

Penelitian mengenai sel tunas diharap-kan dapat memberi harapan baru bagi manusia, terutama bagi para pasien dengan kebutuhan transplantasi sumsum tulang atau tranfusi darah.

Sumsum tulang adalah jaringan lunak yang ditemu-kan pada rongga dalam tulang. Bagian itu merupakan tempat memproduksi sebagian besar sel darah baru.

Ahli asal Edinburgh menggunakan sel tunas darah milik tikus untuk meniru bagaimana manusia memproduksi sel tunas. Berdasar-kan penelitian tersebut ditemu-kan mereka dapat memperbanyak diri hingga 150 kali, kemudian dapat memperbanyak diri dalam tubuh untuk memperbaharui kembali suplai darah pasien.

Tubuh kita menghasil-kan miliaran sel darah setiap hari. Sel darah tersebut dihasil-kan sel tunas darah dalam jaringan sumsum tulang. Sel darah tersebut termasuk sel darah merah yang mengantar oksigen pada berbagai organ. dan sel darah putih yang memain-kan peranan penting dalam sistem imun tubuh.

Jika mereka para ahli dapat menghasil-kan sel tunas darah manusia di laboratorium, maka sel tunas darah juga dapat ditransplantasi-kan kepada pasien dengan penyakit darah genetik atau kehilangan darah sebagai akibat kecelakaan atau operasi. Dengan begitu, penelitian itu juga potensial dalam mengurangi tekanan pada suplai donor darah.

Artikel diolah dan bersumber dari Media Indonesia.


Aksi

Information




%d blogger menyukai ini: