Satelit India, Misi ke Matahari

Bangalore – Setelah misi perjalanan ke Bulan, Chandrayaan-I, kini tim dari Organisasi Riset Antariksa India (ISRO) sedang mengembangkan sebuah pesawat untuk misi ke Matahari.

Para ilmuwan ISRO sedang dalam tahap mendesain pesawat yang diberi nama “Aditya” untuk mempelajari wilayah di bagian terluar Matahari yang disebut korona.

“Itu sebuah satelit mini. Kenyataannya desain pesawat itu segera rampung,” kata Ketua ISRO Madhavan Nair kepada kantor berita India, PTI.

Menurut dia, pihaknya ingin melihat tipe emisi yang terjadi di Matahari dan bagaimana hal itu berinteraksi misalnya dengan ionosfir dan atmosfir.

Deputi Direktur Program, kantor Sains Antariksa, ISRO Dr Jayati Datta mengatakan “Aditya” adalah pesawat ruang angkasa pertama berdasarkan Koronagraf Solar bertujuan untuk mempelajari korona.

“Aditya” akan menjadi usaha pertama oleh komunitas ilmuwan India untuk menguak misteri berkaitan dengan pemanasan korona, pelepasan massa korona dan proses cuaca ruang angkasa dan penelitian ini akan memberikan informasi penting tentang kondisi kegiatan surya, katanya.(*)

Berikan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: